Home > Motivasi > Hidup Seperti Secangkir Kopi

Hidup Seperti Secangkir Kopi

Beberapa alumni sebuah universitas yang sedang berkarier saling bertemu satu sama lain dalam sebuah kesempatan. Mereka memutuskan untuk berkunjung ke universitas kembali untuk menemui profesor tua mereka dan bercerita mengenai beratnya tekanan hidup, kerja dan stress yang mereka alami.

Percakapan pun dimulai dan profesor tersebut menawarkan kopi. Ia pergi sendiri ke dapur lalu membuat dan menyajikan kopi dalam sebuah teko besar beserta beberapa potong kue. Sang profesor tersebut mempersilakan tamu-tamunya mengambil sendiri cangkir-cangkir yang disediakan disitu. Terdapat cangkir porselain, kaca, plastik, kristal, mantan anak-anak didiknya tersebut mengambil masing-masing yang menjadi cangkir pilihannya, dan menuangkan kopi kedalamnya.

Lalu profesor tersebut mengamati nampan tempat cangkir-cangkir tersebut berada dan berkata “Seperti kalian lihat, hanya tersisa cangkir dengan harga paling murah yang tidak terpilih diantara cangkir-cangkir yang lain.” profesor tersebut melanjutkan “Itu bagus, pilihan terbaik kalian, namun ini dia masalah dan stres kalian, yakinlah bahwa bukan cangkir yang menentukan rasa dan kualitas kopi tersebut, cangkir tersebut mungkin berharga mahal tetapi justru menyembunyikan apa yang kita minum, bukankah yang kalian inginkan adalah kopi?”bukan cangkirnya.”

“Lalu kalian memutuskan untuk mengambil cangkir yang terbaik, dan kalian saling memandang kepunyaan yang satu dengan yang lain, cangkir siapa yang terbaik.” kata profesor tersebut

“Sekarang bandingkan ini, hidup adalah kopi. Uang, jabatan, dan kedudukan kalian dalam masyarakat adalah cangkirnya. Cangkir tersebut hanya alat untuk menahan dan menjaga kopi tersebut. Apapun cangkir yang kalian miliki tidak mengubah rasa dan kualitas kopi tersebut.”

Begitu pula halnya dengan kita, terkadang kita hanya berkonsentrasi pada “cangkir” dan kita gagal untuk menikmati “kopi” kita, kecaplah “kopi” kita, bukan cangkirnya. Orang-orang yang paling berbahagia bukanlah orang yang memiliki segala yang terbaik dalam hidup, namun mereka melakukan yang terbaik dalam hidupnya.

Hiduplah dengan sederhana

Bicaralah dengan ramah

Tanamkan kepedulian

dan Cinta yang berkelanjutan.

– Hidup seperti secangkir kopi-

Categories: Motivasi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: